PIVOT TABLE, PIVOT CHART DAN FUNGSINYA

PETRUS BILLY GRAHAM SITANGGANG
KELAS 9I
ABSEN 36

  •  Apa yang dimaksud dengan PivotTable?

PivotTable adalah alat canggih untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda. PivotTable bekerja sedikit berbeda tergantung pada platform apa yang Anda gunakan untuk menjalankan Excel.

  • Apakah tujuan membuat pivot tabel dan kenapa harus dengan pivot?

Pivot table merupakan fitur excel yang memungkinkan pengguna mengambil informasi secara efisien dari himpunan data dalam jumlah besar.Di samping itu, fitur ini juga sering digunakan untuk mengelompokkan atau meringkas data.

  • Membuat PivotTable di Excel untuk Windows:

1. Pilih sel yang Anda inginkan untuk membuat PivotTable.

Catatan:  Data Anda harus ditata dalam kolom dengan satu baris header.

2. Pilih Sisipkan > PivotTable.

    Tombol PivotTable

3. Ini akan membuat PivotTable berdasarkan tabel atau rentang yang sudah ada.

    PivotTable dari Rentang atau Tabel

Catatan: Memilih Tambahkan data ini ke Model Data akan menambahkan tabel atau rentang yang sedang digunakan untuk PivotTable ini ke dalam Model Data buku kerja.

4. Pilih tempat Anda ingin meletakkan laporan PivotTable. Pilih Lembar Kerja Baru untuk meletakkan PivotTable di lembar kerja baru atau Lembar Kerja yang Sudah Ada dan pilih tempat Anda ingin Menampilkan PivotTable yang baru. 

5. Klik OK.

  • Apa itu pivot dalam chart?
Pivot Chart adalah fitur grafik dari pivot table untuk melakukan representasi data, dimana pivot table dan pivot chart itu saling terkoneksi satu sama lain.Fungsi Pivot chart di Excel adalah membuat grafik secara instan melalui pivot table.Fitur ini dapat mempercepat pembuatan grafik dari suatu data.

  • Membuat PivotChart

1. Pilih sel yang sudah ada PivotTable dalam tabel Anda

2. Pilih Sisipkan > PivotChart 

opsi PivotChart pada pita

3. Pilih bidang untuk ditampilkan dalam menu.

4. Pilih OK.

5. Tempatkan PivotChart di tempat yang anda ingin kan.


FUNGSI MENU EXCEL

Menjelaskan Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel


Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu : File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain :


MENU FILE

New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru


Open: Perintah untuk membuka dokumen


Close: Perintah untuk menutup jendela workbook


Save : Perintah untuk menyimpan data


Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama


Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web


Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace


File Search : Perintah untuk mencari file workbook


Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut


Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak


Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman


Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak


13) Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak


Print : Perintah untuk mencetak data


Send To : Perintah untuk mengirimkan file


Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif


Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel


MENU EDIT

Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir


Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo


Cut : Perintah untuk memotong naskah


Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah


Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard


Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy


Paste Spesial : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut


Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink


Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja


Clear : Perintah untuk menghapus data


Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data


Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet


Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja


Find : Perintah untuk mencari data


Replace : Perintah untuk mengganti data


Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain


MENU VIEW

Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal


Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja


Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah


Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar


Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus


Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar


Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer


Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja


Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook


Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh


Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja


MENU INSERT

 Cell : Perintah untuk menyisipkan sel


Rows : Perintah untuk menambah beris sel


Columns : Perintah untuk menambah kolom


Worksheet : Perintah untuk menyisipkan lembar kerja


Chart : Perintah untuk membuat grafik


Symbol : Perintah untuk menyisipkan symbol


Page Break : Perintah untuk membuat halaman yang terpotong


Function : Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika


Name : Perintah untuk memberi nama range data


Comment : Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja


Picture : Perintah untuk menyisipkan gambar


Diagram : Perintah untuk membuat diagram


Object : Perintah untuk memasukkan gambar


Hyperlink : Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file


MENU FORMAT

Cell : Perintah untuk membuat format sel


Low : Perintah untuk mengatur tinggi baris


Column : Perintah untuk mengatur lembar kolom


Sheet : Perintah untuk memformat sheet


Auto Format : Perintah untuk membuat format table


Conditional Formating : Perintah untuk memformat nilai data sel


Style : Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja


MENU TOOLS

Spelling : Perintah untuk memeriksa data


Research : Perintah untuk mencari file


Error Cheking : Perintah untuk mengecek kesalahan


Track Changes : Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain


Compare & Merge Workbooks : Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook


Protection : Perintah untuk mengamankan data


Online Colaboration : Perintah untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya


Goal Seek : Perintah untuk mengubah nilai rumus


Scenarios : Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel


Formula Auditing : Perintah untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus


Makro : Perintah untuk menjalankan program makro


Add-Ins : Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins


Auto Correct Option : Perintah untuk menampilkan perintah auto corret


Custommize : Perintah untuk mengatur toolbars


Options : Perintah untuk membuka menu dan tabulasi


MENU DATA

Short : Perintah untuk mengurutkan data


Filter : Perintah untuk memfilter data


Form : Perintah untuk menambah atau mengurangi data


Subtotal : Perintah untuk menghitung sub total


Validation : Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan


Table : Perintah untuk membuat table


Text to Columns : Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom


Consolidate : Perintah untuk mengkonsolidasi data


Group and Outline : Perintah untuk menggabungkan data


Pivot Tabel & Chart Report : Perintah untuk membuat table dan grafik pivot


Import External Data : Perintah untuk mengimpor data luar


Refresh Data : Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar


MENU WINDOW

New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit


Arrange : Perintah untuk mengatur jendela


Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden


Split : Perintah untuk membagi lembar kerja


Freeze Panes : Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

visi misi smpn 5